Breaking News

Tempat Wisata Yang Tentu Dikunjungi Saat Di Cianjur

kuliner cianjur

Sehabis dikumpulkan, kluwek dimasukkan di dalam karung dan dibiarkan terkena air hujan sepanjang beberapa minggu agar barang-kali dikupas dan racunnya hilang. Olahan siput yang terkenal di Jawa Barat adalah angeun tutut. Bahan dasarnya adalah siput sawah yang dalam bahasa Sunda disebut tutut. Angeun tutut dibuat dengan bumbu kunyit yang dicampur berbagai rempah. Angeun tutut ini paling cocok untuk teman kumpul keluarga.

Hingga saat ini, tutut masih mudah ditemukan di pasar kaget hari minggu kayak di Gasibu. Tapi, cukup sulit menemukan menu tutut di rumah makan atau restoran. Makanan khas Cianjur satu ini memiliki citarasa yang segar.

Dalam lebar kuliner, misalnya, warga famili China ini membuat saduran roti. Hingga kini olahan roti warga keturunan China ini pun masih bertahan dan telah mengalami perkembangan yang dikenal dengan Roti Tan Keng Cu. Mengenai harganya tidak bisa dibilang murah, ikan gurame dihargai Rp 76. 000, sop buntut Rp 52. 000, tahu Rp 5. 000, tempe Rp 4. 500 dan kelapa batok Rp 17. 500. Mungkin saja harga makanan disini tidak murah karena fasilitasnya cukup lengkap yaitu ada live music, taman bermain anak dan mushola. Roti Manis Tan Keng CuTidak hanya toko Tauco Cap Meong, nyatanya Cianjur ikut miliki toko roti legendaris.

Gak bertanya-tanya, intim seabad masihlah di cintai oleh masyarakat Cianjur. Roti ini juga sangat sesuai dimakan panas-panas sambil mengatasi trik menang main tangkas di internet.

Bangsa Jawa Barat dulu acap memasaknya sebagai tumisan guna dijadikan teman makan nasi. Sebelum dikonsumsi atau diolah, picung direbus dahulu mencapai berbatas matang, kemudian dikeluarkan dagingnya.

Fyi, picung mentah berisi sianida, sehingga berpotensi menyulut keracunan kalau tidak diolah dengan benar. Sebetulnya kluwek juga dipakai dalam suplemen rawon atau sayur bronkos. Kluwek yang dijual dipasaran biasanya merupakan kluwek nun matang dan dibiarkan tanggal sendiri dari pohonnya.

Salah wahid oleh-oleh khas yang pas digemari oleh masyarakat pendatang Cianjur yang sering berlabuh ataupun singgah di kota Cianjur adalah MANISAN. Bawaan Manisan ini terbuat dibanding buah-buahan mentah atau sayuran yang diawetkan dengan mempergunakan bahan pemanis berupa gula pasir dan bahan pewarna agar tampak lebih memikat dan menjadi awet. Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan, upaya yang dijalani pemkab dengan menggandeng Grab itu merupakan inovasi guna lebih memajukan wisata kuliner di daerah ini. Dijadikannya kawasan wisata kuliner Nur, akan berdampak positif lawan perkembangan kuliner di Cianjur. Dalam bahasa Indonesia, picung disebut kepayang atau kluwek yang masih muda.

Berdiri sejak mulai tahun 1926, toko ini menyiapkan beragam roti empuk dengan cita perasaan gurih. Tidak hanyalah bab berasa yang senang, roti inni ikut naik daun murah.

About Yudpram

Check Also

Pesta Dj Di Ciwidey Digrebek Penjaga Keamanan, 6 Orang Peserta Afirmatif Narkoba

Di daerah ini juga berbagai pelayanan penunjang seperti mushola, lokasi parkir, dan kendaraan pergi ke …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *