Breaking News

6 Tempat Kuliner Malam Cirebon

kuliner cirebon

Empal asem tidak menggunakan santan atau kunyit seperti nun digunakan untuk bumbu empal gentong. Nah, apa engkau tahu kenapa makanan tersebut dinamakan tahu gejrot? Olehkarena itu tahu disiram dengan kuah gula merah dari tukil sehingga terdengar suara ‘jrot’ saat dituang. Kuah sop ayam terasa manis berpadu asin sehingga membuatnya nikmat.

Kalau menyempatkan diri saat makan siang tiba, jangan harap warung-warung makan ini lengang. Pengunjung datang harus rela antre sebelum menyantapnya. Apalagi bila datang kemalaman, di atas pukul 7 malam dijamin tak akan kebagian kuliner tradisi yang satu ini. Apalagi Batik Kitchen sendiri memiliki cara unik dalam menyajikan empal tabung, yakni langsung disajikan dalam gentongnya, rasanya pun utama markotop deh.

Kuliner ini ialah salah satu kuliner legendaris di cirebon karena sudah biasa ada sejak tahun 1970an. Mulai dari Mie Petruk goreng, Mie Petruk nyemek, hingga Mie Petruk kuah. Karena Mie Petruk dijual di gerobak pematang jalan, oleh karena itu kamu tak perlu galau masalah harga ya.

Namanya diambil dari cara memasak yang khas menggunakan gentong. Isinya sendiri merupakan empal yang terdiri dari potongan-potongan daging dan jeroan sapi. Isian yang umum digunakan ialah usus, babat, paru, limpa dan daging sapi. Di Cirebon, sudah banyak sekali warung-warung makan sederhana yang menjajakan sajian ini. Tapi walaupun banyak, ternyata keseluruhannya selalu ramai dikunjungi.

Dirangkum TribunTravel dari berbagai sumber, lalu ini 7 kuliner utama Cirebon yang enak & lezat. Penamaan empal tabung karena tempat untuk merendang daging masih menggunakan tabung yang terbuat dari zona liat. “Biasanya kan membubuhkan aluminium, tapi kalau empal gentong pakainya tanah melekat, ” ucapnya. Gak tersendiri dari Mie Ayam Cendawan Bangka tadi, masih dalam Jalan Merdeka, ada santapan khas Medan yang tetap dicoba.

Ayam yang ada pada dalam mangkuknya juga patut dan besar-besar potongannya. Mulanya, Empal Gentong berasal dibanding desa Battembat, Kecamatan Sentral Tani, Kabupaten Cirebon. Persembahan yang berkuah kental tersebut disajikan panas-panas dengan opsi nasi atau lontong. Dalam atas kuahnya juga ditaburi banyak sekali irisan patera kucai. Bila kurang mereguk, pemesan dapat menambahkan jeruk nipis dan cabai warna merah kering bubuk.

About Yudpram

Check Also

15 Rekomendasi Wisata Kuliner Cirebon Yang Tentu Kamu Coba

Saya pernah membaca telaah kuliner bahwa satu diantara kuliner terkenal di Cirebon merupakan masakan seafood …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *