Breaking News

Udah Tahu Kalau Cirebon Mempunyai 7 Tempat Wisata Pertama Yang Lagi Hits?

tempat wisata cirebon

Aku mengamati sebentar bentuk konstruksi pasar dan aktivitas getah perca pedagang kaki lima pengguna yang sibuk melakukan tawar-menawar harga dengan pembeli. Melanjutkan perjalanan sekitar 350 m dari pasar, akhirnya aku tiba di Keraton Kanoman. Keraton Kasepuhan dikelilingi sama tembok pagar yang terdiri dari batu merah. Melihat bangunannya, saya merasa seperti padahal berada di zaman Negeri Majapahit atau Jawa Primitif.

Beberapa peninggalan histori seperti meja perundingan, bermacam-macam foto hitam putih, terlintas hasil naskah Perjanjian Linggarjati juga bisa saya pandang dari dekat. Semua pesan sejarah tersebut masih terjaga dengan baik keasliannya. Kolam Pemandian Cibulan memiliki dua kolam besar berbentuk persegi panjang dengan kedalaman yang berbeda-beda. Kolam pertama memiliki kedalaman dua meter dan kolam kedua hanya berkedalaman sekitar 1, 2 meter. Uniknya, kedua kolam ini diisi oleh ratusan ikan dewa yang dianggap suci oleh masyarakat sekitar.

Masyarakat percaya bahwa ikan dewa merupakan para prajurit Prabu Siliwangi yang dikutuk karena membangkang. Tempat wisata di Cirebon yang tak kalah menarik adalah Gedung BAT. Gedung BAT adalah pabrik rokok yang memproduksi rokok putih terkenal di dunia, yaitu merek 555, Ardath. Hingga kini, gedung yang terletak di Jalan Pasukaten ini masih berdiri teguh.

Halamannya juga cukup raya, dilengkapi dengan beberapa pendopo bertegel semen. Sayangnya, aku tidak diizinkan masuk di bangunan utama keraton.

Jadi, bagi kamu yang menyukai wisata berlatar tamat sejarah, pastikan mampir di sini. Ketika masuk di museum, sebuah ruangan yang utama tempat perundingan langsung menyimpulkan saya.

Menyusuri keindahan bangunan renta ini akan menjadi kegiatan wisata yang menyenangkan. Diantaranya Jogja, Solo, dan Pekalongan, Cirebon juga menjadi khilaf satu kota sentra menulis di Pulau Jawa. Sama karena itu, kurang nyata rasanya kalau tidak mampir ke Kampung Trusmi guna berburu batik Cirebon. Langgar Merah Panjunan terletak pada area permukiman penduduk, tepatnya di Kampung Panjunan. Menganeksasi masjid, ternyata bangunan tersebut tidak memiliki dinding, oleh karena itu lebih mirip seperti pendopo Jawa.

Masjid ini saja tak terlalu luas serta memiliki langit-langit yang nista dengan hanya ditopang sama tiang kayu. Puas melancong Keraton Kasepuhan, saya beranjak ke Keraton Kanoman dengan berjalan suku. Jarak antara kedua keraton ini tidak terlalu tersendiri, hanya 1 km & bisa ditempuh dalam ruang tempuh 12 menit. Sepak-terjang kaki saya sedikit melambat ketika melalui sebuah rekan bernama Pasar Kanoman.

Arsitektur Jawa terdapat di dalam atap bangunan yang nyata limasan. Arsitektur Cina tampil pada desain interior pagar makam yang penuh beserta hiasan keramik dan porselin. Sementara arsitektur Arab tampil pada hiasan kaligrafi nun terukir indah pada pagar dan bangunan makam.

Tekun wisata ini merupakan wilayah konservasi yang terletak pada tanah Desa Belawa beserta luas 2000 m2. Rompok Perjanjian Linggarjati terletak pada kawasan kaki Gunung Ciremai, tepatnya di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Perunggu. Meskipun berbentuk rumah renta, bagian belakang Gedung Perjanjian Linggarjati memiliki halaman yang luas dipenuhi pepohonan rindang.

About Yudpram

Check Also

10 Usulan Wisata Kuliner Cirebon Kepada Food Blogger

Selain itu, Anda bisa menikmati menantangnya aktivitas luar ruangan. Sebut saja ATV, family off-road, flying …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *